[HowTo] Bagaimana install AMD Catalyst Radeon pada Ubuntu 12.10


Memasuki tahun baru 1 Januari 2013, rasanya tidak ada salahnya kalau saya berganti OS Ubuntu versi terbaru juga. Dari Ubuntu versi 11.10 berganti ke Ubuntu ver 12.10. Sengaja dari 11.10 tidak upgrade dulu ke 12.04 karena saya lihat pada 12.04 ga ada yang greget. Pas keluar yang 12.10 ternyata test live cd lebih cepat dari yang 12.04. Menarik juga nih….

Yang selalu membuat penasaran adalah di laptop saya tertanam Graphic Card ATI Radeon 6470 , yang selalu bermasalah dengan OS linux ini. Saat 11.10 harus menerima memakai driver bawaannya saja -recomended driver-, sehingga kurang maximal. Soalnya sudah mencari dan mencoba tidak menemukan yang cocok , saat di installl selalu saja blank screen hasilnya. 😦

Pagi ini setelah kemarin proses install Ubuntu 12.10 dan software pendukung kerja terinstall semua, meutuskan untuk mencoba install driver fglrx AMD Catalyst ini dan menemukan tutorial cara instalasi-nya pada Ubuntu 12.10. Setelah mencoba beberapa cara yang banyaknya tidak berhasil, akhirnya menemukan juga yang berhasil.

Inilah langkahnya  (sengaja ane copas aja ya)  : 

//=========================================================================

For those who have hybrid systems (ATI/intel) and fglrx has stopped working in 12.10, then the problem might be like the one described here (fglrx incompatibility with the recent version of the intel driver): https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/fglrx-installer-updates/+bug/1068404

What I would suggest would be

  1. Remove all the fglrx* packages:

    sudo apt-get purge fglrx*

  2. Add my PPA in your repositories list:

    sudo add-apt-repository ppa:andrikos

  3. Update your package information:

    sudo apt-get update

  4. Update the fglrx and intel drivers:

    sudo apt-get install fglrx xserver-xorg-video-intel

  5. Don’t forget to enable the fglrx driver

    sudo aticonfig –initial –force

//=========================================================

Thanks You Nick Andrik, atas tutorial dan update driversnya.
Cari amd center dan inilah hasilnya , jadi lebih cepat lagi…
amd-center
Akhirnya berhasil juga deh ;
Referensi :
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s