[How To] Solusi melihat file docx,xlsx di linux ( blankon pattimura 7.0)


Pagi ini saya menerima email yang berisi file design web, ternyata setelah di cek isinya adalah file Micr*s*ft Office 2007 yang berakhiran docx.  Saya kan pengguna linux blankon 7.0 pattimura jadi ga ada tuh yang namanya Micr*s*ft Office , yang ada dan menjadi favorit saya adalah Open Office dan Libre Office. Karena OpenOffice ga di install, sebagai penggantinya saya gunakan LibreOffice 3.3.4 . libre office blankon

Ternyata file docx yang di buka di LibreOffice ini, bisa di buka dengan mudah , hanya saja ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Hasilnya berantakan karena tidak compatible – tetapi jangan khawatir banyak jalan menuju solusi ini.

1. Minta kepada yang mengirim file agar menyimpannya pada format xls atau pdf, biar bisa di buka dengan baik.

2. Minta kepada teman agar menyimpannya pada format xls atau pdf, biar bisa di buka dengan baik, dengan resiko file anda bisa di baca teman anda. Bagaimana kalau file-nya rahasia. Langkah selanjutnya yang mungkin cocok untuk anda.

3. Bukalah file-nya dengan google docs.  Bagaimana caranya? kalau filenya di kirim ke selain email gmail anda, sebaiknya anda forward dulu ke akun gmail anda seperti yang saya lakukan. Setelah anda forward dan masuk ke akun gmail anda, langsung ke bagian bawah email anda ada image file-nya.  Klik aja View/Lihat  . Setelah tampil isi filenya, pilih menu File di google docs anda dan Save as PDF.

Selesai dah. File docx-nya bisa di lihat dengan baik.

[INFO] Saya menulis artikel ini dengan WordPress.com, Laptop HP-i5 , OS Blankon Pattimura (7.0)  dan gambar di ambil dengan aplikasi Ambil Cuplikan pada blankon : Aplikasi -> Aksesoris -> Ambil Cuplikan. Edit gambar dengan GIMP 2.6

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s