error certificate recaptcha : reCaptcha tidak tampil lagi?


Sudah 2 Minggu ini saya di buat pusing tujuh keliling dengan yang namanya recaptcha nih, soalnya tiba-tiba image recaptcha tidak tampil sama sekali dan tidak ada pemberitahuan kesalahan yang tampil, mulanya sih dari di browser firefox masih bisa muncul, walaupun pada beberapa pengunjung kadang tidak tampil sama sekali. Setelah saya cek lagi ternyata di browser firefox dan google chrome yang saya pake juga tidak muncul.

recaptcha tidak tampil

Yang terpikirkan saat itu apakah mungkin karena pubkey dan privatekey nya yang salah, sehingga saya beberapa kali membuat pubkey dan privatekeynya…. tetap saja tidak mau tampil.

Sampai akhirnya memutuskan untuk mengganti code recaptcha dari google dengan captcha class yang lebih sederhana saja, bukannya menyelesaikan masalah malah menambah masalah soalnya captcha class tidak bisa berjalan dengan PHP framework yang saya pakai.

Alhamdulillah pagi ini saya mendapatkan solusinya, karena pada browser Opera , recaptcha bisa tampil apabila saya menyetujui “error cetificate recaptcha” nya. Dengan bantuan google langsung saja saya ketikan kata kunci “cetificate recaptcha” , dan hasilnya menemukan ini :

Ternyata semenjak April 2011, ada perubahan certificate recapthca ini –dan pada saat inilah image capthca kadang muncul kadang tidak—. Akhirnya setelah mengedit sedikit code-nya pada library recaptcha sesuai dengan instruksi di atas bagian :

https://api-secure.recaptcha.net

menjadi:

https://www.google.com/recaptcha/api

Dan hasilnya, permasalahan sudah teratasi….

recaptcha

Lanjut deh ke pekerjaan berikutnya….

Satu pemikiran pada “error certificate recaptcha : reCaptcha tidak tampil lagi?

  1. terimakasih sebelumnya sudah membuat artikel ini, saya juga mengalami masalah seperti ini, kalau di joomla saya tidak dapet menemukan library recaptcha.nya tolong di bantu

    saya sendiri kurang tahu dengan joomla di mana di simpan library recaptcha-nya require_once(‘recaptchalib.php’); coba aja di cari file ‘recaptchalib.php’; kalau ketemu baru di buka dan edit bagian ini, menjadi seperti ini :

    /**
    * The reCAPTCHA server URL’s
    */
    define(“RECAPTCHA_API_SERVER”, “http://www.google.com/recaptcha/api”);
    define(“RECAPTCHA_API_SECURE_SERVER”, “https://www.google.com/recaptcha/api”);
    define(“RECAPTCHA_VERIFY_SERVER”, “www.google.com”);

    demikian. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

