Menghapus isi folder /tmp di openSuse


Hari ini ada peringatan di laptopku, yang menyatakan bahwa tempat penyimpanan kurang dari 1000 MB dan di berikan juga solusinya yaitu untuk meng-uninstall program-program yang tidak terpakai… hmmm kalau mesti uninstall cape juga, soalnya ga tahu mana yg mesti di uninstall.

Setelah saya klik “Examine” pada box peringatan dan dilihat hasilnya ternyata ada satu folder yang mempunyai isi sebesar 3.3 GB yaitu folder /tmp . Seandainya saja isi folder ini bisa di hapus lumayan nih nambah 3.3 GB, masalahnya saat saya pilih semua file dan pindahkan ke “trash” , ga muat di karenakan overload di trash. Solusinya nanya deh ke mbah gugle, dan inilah solusinya khususnya untuk pengguna openSuse seperti saya ini.

Masuk ke :

System->YaST

Kemudian setelah masuk ke YaST

System-> /etc/sysconfig Editor  kemudian

System->Cron  disana terdapat :

MAX_DAYS_IN_TMP  = default 0 = disabled
Kita bisa isikan dengan nilai berapa hari file dan folder berada di folder /tmp ini.
TMP_DIRS_TO_CLEAR=default  /tmp
CLEAR_TMP_DIRS_AT_BOOTUP=deafult = no, jika kita mau setiap boot komputer file tmp di hapus isikan dengan nilai “yes”  maka folder TMP_DIRS_TO_CLEAR dalam hal ini folder /tmp akan di hapus saat bootup.

Alhamdulillah, namabah nih 3.3 GB

Sukses

Catatan:
Karena ini menggunakan sistem cron job, jadi sistem cron-nya harus di aktivkan.

Iklan

2 pemikiran pada “Menghapus isi folder /tmp di openSuse

  1. kirain yg 3,3 giga itu adalah.. kang.. hehe 😀
    itu untuk linux ya.. kalo xp beda lagi nya?

    ane ga paham titik-titik itu apa artinya? yups 4 linux…
    apa itu xp??? ga paham juga ane 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s