PHP Panada Framework… mainan baruku


PHP Framework  Panada adalah salah satu framework berbasis PHP (sama halnya dengan CodeIgniter, Symphony,Zend, dll) bedanya yang ini di buat oleh anak bangsa yaitu mas kandar bisa di kunjungi di http://panadaframework.com/ dan http://kandar.info/.

Saya sendiri tadinya selalu buat program berbasis prosedural, dimana untuk design web bersistem yang tidak terlalu rumit masih bisa saya tangani. Hanya saja saat script saya di edit atau di modifikasi sama yang lainnya atau saya bekerja sama dengan programer lain, barulah muncul permasalahannya karena setiap programer punya trik-trik tersendiri :D… seolah-olah makin susah di telusuri orang lain makin baik….. hehehe

Sampai suatu saat saya sendiri mau modifikasi script buatan sendiri yang di buat beberapa tahun silam menjadi bingung harus mulai dari mana, bagaimana logika programnya… akhirnya saat itulah saya memutuskan untuk menggunakan PHP Framework Codeigniter yang banyak di gunakan sama programer lainnya, mau ga mau mesti belajar menyesuaikan lagi  😦

Setelah beberapa bulan ga satupun program yang bisa di hasilkan dengan codeigniter ini, masih tetap lebih enjoy dengan sistem prosedural… hmmm. Akhirnya harus cari lagi framework yang lebih sederhana dan mudah di sesuaikan dengan keadaan saya ini 😀 …  sampailah pada Panada Framework … enak juga ternyata pake yang ini seenak kue panada :D…

Saat ini saya sedang mencoba membuat program secara bekerjasama dengan programer lain (dulunya bekerja sendiri aja) memakai  Panada framework ini, alhamdulillah lebih ternyata lebih mudah….  walaupun masih belum biasa.

Terimakasih Mas Kandar at http://kandar.info/ atas kreasinya.

Insya Allah saya akan mencoba membuat Tutorial-nya…. saat ini masih asyik sama mainan baruku ini 😀

……

3 pemikiran pada “PHP Panada Framework… mainan baruku

Tinggalkan Balasan

