Apa yang pertama dilakukan saat online?


Ide artikel ini keluar begitu saja saat saya mau memulai aktivitas menuntaskan “proyek” di pagi hari, apa yang biasanya di lakukan pada saat laptop saya terhubung dengan internet? Setelah di tulis coretannya inilah hasilnya :

  • Pertama dan Utama ; Mengecek web klien yang menjadi portofolio saya apa dalam keadaan lancar atau ada masalah. Apabila ada masalah saya telusuri dimana permasalahannya.
  • Kedua; Mengecek email masuk, biasanya pada saat browser “firefox” saya terhubung ke internet langsung saja di status bar bawahnya ada pemberitahuan email yang masuk, ini di karenakan saya memasang add-ons browser firefox WebMail Notifier (Tools ->Addons / Alat -> Pengaya ) beberapa addons lainnya yang saya gunakan nanti akan dibuat artikel berbeda saja. Dengan Webmail Notifier selalu ada pemberitahuan email yang baru, dan bisa beberapa account email di masukkan addons ini, jadi kita tidak harus mengecek secara manual.
  • Ketiga; Mengaktifkan software mesenger , kalau anda yang masih pake Windows biasanya menggunakan Yahoo Mesenger atau yang lainnya, tetapi karena saya menggunakan OS Linux OpenSuse 11.1 dan Ubuntu 10.04 pilihan saya jatuh pada software “Pidgin Mesenger”  kelebihannya kita bisa buka beberapa account sekaligus baik yang Yahoo,  MSN, AIM, Bonjour, Gadu-Gadu, Google Talk, Groupwise, ICQ, IRC, MXit, MySpaceIM, Facebook, dan lainnya. Kekurangannya belum ada plugins yang cocok untuk menampilkan chat via webcam -tapi tak masalah bagi saya karena ga pernah pake fasilitas ini – 🙂
  • Keempat; Mengecek statistik blog utama saya ini via dashboard apakah ada komentar, atau spam, atau berapa pengunjung yang datang? kalau ada di setujui sambil menulis balasan untuk setiap komentar. Dan mengecek RSS FEED URL yang saya tempelkan di blog ini seperti URL FEED dari  bloggerkarawang.net, karawangkab.go.id, karawanginfo.com apabila ada update berita baru saya kunjungi dulu. Atau sengaja berkunjung untuk menulis sedikit pesan di “shoutbox”-nya kalau ada 🙂
  • Kelima;  ada berita apa di social networking online yang saya ikuti misalnya yang aktif saya ikuti Facebook, Twitter  dan Koprol.com , walaupun tidak update status paling tidak lihat update status yang lain… entahlah karena kebiasaan saja mungkin. 😀 Biasanya membuat komentar atau hanya lihat saja .
  • Keenam; biasanya saya blogwalking, browsing, buat artikel blog, dll.

Dari semua kegiatan ini saya hanya menargetkan 30-60 menit, tapi kalau lagi keasyikan bisa lebih juga ya… tanpa terasa, apalagi kalau koneksi internetnya lagi bagus.

Daftar ini juga sebagai acuan  saat saya mau online, biar tidak salah arah lebih jauh lagi… hmmm.

Bagaimana dengan anda?

Salam Komunitas!

2 pemikiran pada “Apa yang pertama dilakukan saat online?

Tinggalkan Balasan

