Kuliner: Sate Maranggi Daging Sapi


Membuat artikel kuliner yang berada di sekitar Karawang susah-susah gampang, mungkin karena hobby saya makan yang enak  ( ini bisa dilihat dari perut saya yang sexy – sst siapa sih yg ga hobby)  jadi saya mencoba menggoda anda dengan kuliner-nya, .

Saat ini kita berada di  jalan raya sepanjang irigasi arah dari stadion singaperbangsa ke arah perapatan johar,  di sini kita akan menemukan tenda-tenda makan yang sederhana hanya beratapkan dan beralaskan tenda plastik biru istilah trennya lesehan. Di sinilah tempatnya kuliner yang terlihat sederhana tetapi rasanya tidak kalah nikmatnya yaitu sate maranggi daging sapi… hmmm. Mendengar namanya saja perut saya langsung berbunyi, soalnya makanan ini termasuk salah satu makanan favorit saya. Sudah terbayangkan bagaimana harumnya daging sate yang di bakar sambil sesekali di beri bumbu sambil di bakar lagi.

Tanpa pikir panjang lagi langsung saja saya memesannya dan menunggu sate matang di bakar. Tak berapa lama hidangan sudah siap, saya langsung menyantap dengan mantap… (maaf bukan lahap… kalo lahap terlihat laparnya 😀 ) sate maranggi daging sapi ini.

Coba saja anda bayangkan perut lapar habis berpuasa kemudian makan nasi yang di bungkus daun pisang, dengan 15 tusuk sate maranggi (biasanya dari lemak sapi ataupun daging tetelan) , 15 tusuk sate daging sapi memakai bumbu kacang yang lezat dan gurih dan juga sambel cabe rawit ijo…saya menyebutnya ‘sambel goang’ tidak lupa asinan campuran bawang merah,timun , cabe rawit… wuuih mantapnya. Rasa bumbu satenya yang meresap sampai ke pori-pori daging sate….

Eeeit.. tunggu dulu dari pengalaman saya makan sate di sana, biasanya berganti-ganti tempat, racikannya berbeda-beda. Yang paling enak adalah sate yang bumbunya meresap sampai ke pori-pori daging sapi, biasanya penjual sate ini menggodok dulu dagingnya (setengah matang) bersamaan dengan bumbunya sampai meresap. Ada juga yang hanya di bumbui mentahnya saja … saya kurang suka ini. Ada juga sate maranggi bumbu dendeng – ini saya jumpai di Rengasdengklok- rasanya manis .. Dan pilihan saya jatuh pada sate maranggi ‘si Abah’ dimana tempatnya kalo dari stadion lewat jembatan ojek pertama dan di sebrangnya ada steam motor.

Mantapkan!!!

Tapi sebelumnya tentu saja harus dipersiapkan dulu… koceknya 😀 , tetapi jangan khawatir dari menu saya 4 nasi putih+15 tusuk sate maranggi+15 tusuk sate sapi+sambel+5 gelas air+1 emping melinjo hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 36.000,- …(maaf bukan makan sendiri tapi bersama keluarga saya, istri dan 2 anak saya)…

Tunggu liputan kuliner berikutnya…

Salam Kuliner!

Iklan

8 pemikiran pada “Kuliner: Sate Maranggi Daging Sapi

  1. maaf saya mau tanya alamat sate maranggi bumbu dendeng??
    kalau anda tahu, saya boleh minta alamatnya???
    saya dan keluarga berencana halal bihalal di tempat itu tapi tidak tahu alamatnya
    terima kasih

  2. maaf boleh saya minta alamat sate maranggi bumbu dendeng yang ada di rengasdengklok (kalau anda tahu alamatnya)??? saya dan keluarga berencana untuk halal bihalal disana tapi tidak tahu alamatnya…
    terima kasih

    Kalau alamat jelasnya, saya kurang tahu…lokasi persisnya saya tahu
    di desa kertasari / kalau orang bilang sih dulu namanya katalaya. di belakang
    karoseri mobil, yang banyak pabrik kerupuk udangnya. tanya aja tukang maranggi
    – hanya ada dua orang di daerah itu. Mang Omo satulagi saya ga hapal.

  3. mantap nech kang…waduh jadi laper euy….

    bahaya nih… jadi menggoda saat puasa, mestinya ane kasih catatan: di baca saat buka puasa 😀

  4. jadi ga sahur ke pecel lele lela neh?

    hayuh… tapi waktunya hari rabu ke sana… 4 hari ini ane msh busy 😀 …. busy cari duitnya

  5. cicipi ah…………jadi ngiler neh kang..kapan kita kesana bareng?…wkakakak….

    hayuh saja… biasa bukanya sore hari… tadi ane sengaja ame keluarga makan di sana 🙂 jadi teringat buat artikel… lgs saja di foto :D, untuk di share …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s