Sharing ‘Wireless Connection’ di Ubuntu 10.04 LTS


Terinspirasi dengan tulisannya Kang Purno

“Sharing internet dengan wifi”

diblognya http://www.apxcybernet.com/

Hanya saja artikel di tujukan untuk pengguna ‘windows’ sedangkan saya dah setahun ini tidak lagi menggunakannya setelah ketemu dengan Susi Terbuka – (Linux OpenSuse) , dan saat ini lagi punya mainan baru juga masih rekannya Susi yang punya nama Lucy d – (Ubuntu 10.04 LTS) . Karena saya pernah baca pernyataan bahwa ‘sharing wifi/internet connection’ di ubuntu lebih mudah tidak ribet… karena penasaran langsung deh praktek.

Perangkat yang saya punya :

  • 1 buah Laptop Aspire 4730Z lengkap dengan fasilitas Wifi (yg di share)
  • Koneksi Internet Speedy Family
  • Handphone Nokia ExpressMusic 5530 yang sudah ada wifi-nya (cek koneksi)

Bagamana Langkahnya :

  • Nyalakan fasilitas wifi di laptop anda.
  • Klik mouse pada ‘icon network connection’ di panel atas ubuntu
  • Pilih ‘Create New Wireles Network’
  • Akan tampil window baru

Create New Wireless Network

  • Isi ‘Network name:’ dengan nama networknya misal : SolusiWebPro
  • Isi ‘Wireles security:’ dengan tipe security yang mau di gunakan sbg contoh saya pilih ‘WPA & WPA2 Personal’
  • Isi ‘Password:’ dengan pasword untuk masuk jaringan ‘Wifi’
  • Klik ‘Create’
  • Selesai. Jaringan Wifi Anda terbentuk.

Setelah ane cek dengan ‘Wifi Nokia 5530’ sudah terlihat Wifi dengan nama ‘SolusiWebPro’ yang baru saja di buat.

Dan di coba koneksinya… Alhamdulillah sukses!

Dengan langkah yang sama saya testing juga via OpenSuse 11.1 . Semua testing melalui desktop GNOME yang lebih mudah 😀

6 pemikiran pada “Sharing ‘Wireless Connection’ di Ubuntu 10.04 LTS

  1. yg pasti saya mah harus instal linuxnya dulu.. tapi udah nyaman dengan windows euy 🙂

    Orang bijak bilang saat kita sudah nyaman , di situlah kebosanan akan menghinggapi kita… 😀 .. tetap imel ente masuk spam 😀

  2. ijin saving, jadikan referensi..
    ..heran, kok saya baru berkunjung kemari ya?

    Silahkan masbadar.

  3. mantab neh…perlu di aplikasikan dengan linux sebagai server…bukan lagi linux sebagai client

    memang mantab… ane makin cinta sama Susi dan Lucy d 😀

Tinggalkan Balasan

