Linux? Bisakah menjadi solusi bagi masalah saya?


Ketika saya memutuskan untuk menjadikannya sebagai partner dalam pekerjaan saya -programer PHP- dan lamunan saya, selain karena pada saat itu ‘terpaksa’ saya hanya berpikir apakah ‘partner baru’ saya ini bisa menjadi solusi bagi masalah yang sedang saya hadapi? Jadi sebelum saya memutuskan untuk berteman lebih dalam lagi saya membuat daftar ‘layaknya menu’ program apa saja yang selalu saya pakai di OS Windows dan apakah ada solusinya di Linux openSUSE?

Inilah daftar program yang selalu saya pakai :

OS. Windows vs Linux openSUSE

1. Pspad Editor vs Kwrite
2. Webserver PhpTriad vs Webserver Apache2,Mysql 5,PHP 5.
3. Adobe Photoshop vs Gimp dan Blender
4. MS Office vs OpenOffice 2.0
5. Windows Media Player vs Mplayer
6. PowerDVD vs Xine
7. Winamp vs xmms
8. Mesenger vs Pidgin
9. MS Outlook vs Kmail
10. Webcam Software vs Cheese
11. Software Bluetooth vs OBEX client
12. Firefox Browser vs Firefox Browser
13. Explore vs Dolphin
14. ACDSee vs Gwenview, digiKam

Sebenarnya pilihan program pengganti di linux tidak hanya satu, bisa dua ,tiga macam dan itu biasanya sudah ada dalam satu paket linux yang komplit. Jadi karena semua kebutuhan saya telah ada juga di linux… akhirnya saya memutuskan untuk lebih mendalaminya. Dan satu persatu mulai saya coba… mudah-mudahan bisa di buatkan artikel ya 🙂

Memang tidak mudah pada awalnya karena kita harus menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan lingkungan baru yang lebih fresh, namun akhirnya ternyata memang bisa karena biasa.

Saran saya, bagi anda yang ingin migrasi ke sistem Linux -khususnya yang pakai Windows bajakan- buatlah daftar terlebih dahulu software apa saja yang biasa anda pakai dan cari dan tanyakan pada mereka yang sudah memakai linux apakah software yg anda pakai ada penggantinya di linux – Jadi pekerjaan anda tidak terbengkalai juga 🙂 bisa langsung migrasi pekerjaan ke linux seperti yang saya lakukan.

Hidup OpenSource – Hidup Linux !!

4 pemikiran pada “Linux? Bisakah menjadi solusi bagi masalah saya?

  1. Bravo Linux…
    tapi saya ada kendala bro…. di kantor saya bekerja(Draftman) dengan Software 3D (Unigraphics and SolidWorks) di Linux blum bisa
    tapi untuk 2D(2 Dimensi semacam AutoCAD) kayaknya udah ada.

    BTW Hidup Open Source

    ITulah dia masih menjadi tantangan untuk kita bisa exis di Open Source ini… harus belajar lagi untuk softwarenya 🙂

Tinggalkan Balasan

