Jurnal Forex: 5 November 2008


Jurnal Forex: 5 November 2008

…mimpi buruk terulang lagi…

Tahu ga kenapa sy bilang mimpi buruk terulang lagi? jelas ga tahu ya, kan belum di kasih tahu tapi apapun yang terjadi pada hari ini Rabu, 5 November 2008 semoga saja bukan akhir dari saya bermain forex.

Why?

Karena pada hari ini sy benar-benar hampir saja bangkrut… apakah ini yang pertama kali? Bukan sih ini adalah yang ketiga kalinya.

PERTAMA–> kali saya rugi dari modal US$50 tersisa hanya $30 sebenarnya modal sempat bertambah nah ketika modal terus tumbuh dan pada saat itu sy berpikir kalo dilihat dari trading sy profit terus hanya saja kenapa saya hanya memutarkan modal saya cuma 10% jadi sekitar $5 (quantity 500) sebagaimana banyak para master yang menyarankan bahwasanya selain harus mendapatkan profit kita juga harus bisa memanage keuangan (money management) dan disarankan maksimal  yang dipakai untuk trading adalah 10%, agar tidak cepat terlempar keluar dari pasar forex ini karena sudah bangkrut.

Hanya saja saya berpikir saat itu kalo cuma 10% dari modal kecil ($50) profitnya kecil sekali 100pips saja baru $5 kapan bisa dapat profit banyak bagaimana kalo sy naikkan jadi 20% jadi sekitar $10 yang digunakan untuk transaksi jadi lumayan kan kalau 100Pips dapat $10 🙂 jangan dilihat dari nilai uangnya –krn nilainya kecil– tapi dari prosentasenya 20% 😀 perhari lagi. Bank mana yang bisa membayar bunga 20% perhari? Ada gak… begitulah saya pada saat itu.

Apa yang terjadi setelah saya naikkan jadi $10 pertransaksi… pada saat itu harga tidak searah dengan yang sy analisa sehingga modal bersama keuntungan hari-hari sebelumnya yang saya kumpulkan dari $1 s/d $5 amblas lagi sampai modal saya berkurang dan tersisa hanya $30,- 😦  dan tahu kenapa karena adanya News yang ternyata… 🙂

Kok bisa?

Bisa saja. Begini ceritanya :

Apabila ketika anda transaksi $5 biasanya kalo kita set stop-loss 50pips dan tersentuh paling banyak kita kehilangan $2,5 …
Apabila ketika anda transaksi $10 biasanya kalo kita set stop-loss 50pips dan tersentuh kita kehilangan $5 — 2x lipat kan? begitu juga kalo profit bisa 2x. Dan pada kasus saya boro-boro profit yang ada aja kebawa… 🙂

2 Hari sy ga transaksi… saya PUTUSKAN untuk dan harus banyak belajar lagi –sambil menghibur diri–.

KEDUA –> kali kejadiannya hampir sama dengan yang pertama kali, setelah saya mendapatkan kembali modal+profit yang hilang pada pertama kali eh amblas lagi sampai tersisa $22… Kenapa ? sama seperti diatas… bedanya biasanya saya per transaksi $10 saya tingkatkan lagi menjadi $20 hasilnya… hampir bangkrut.

KETIGA–> kalinya pada Rabu 5 November 2008 ini… kejadiannya juga sama karena sy naikkan dari $20 pertransaksi menjadi $30/transaksi biar dapat profit besar saya tidak lihat lagi ada News atau tidak.Akibatnya sy loss sampai modal tersisa hanya $20.25 … sebenarnya sisa $37 tapi karena penasaran dan ingin mendapatkan kembali yang hilang terus saja saya trading walaupun semua analisa sy berantakan… kasihan deh.

Jadi saat ini modal saya tersisa $20.25 sy memutuskan untuk tidak trading hari kamis dan jum’at saya harus belajar lagi. Saya stress… sampai kesehatan sy drop … demam bo, karena begadang terus kali ya, 2 hari. Sy tulis jurnal ini saja pada malam minggu ini saat emosi sy sudah stabil… hehe pantesan aja orang pemula yang bermain forex dan rugi ratusan juta rupiah bisa gila kalo pada saat rugi tidak bisa menerima… saya yang cuma ratusan ribu rupiah aja bisa lgs drop…demam 2 hari.

Bagaimana ANDA yang baca JURNAL sy ini berani mencoba?

Keputusannya sy SIAP trading lagi pada tanggal Senin 10 November 2008 dengan modal yang tersisa… dengan syarat:

– Trading hanya 10% aja dari modal akhir jadi sy hanya transaksi $2 (quantity 200) bisa? untung masih bisa di Marketiva ini minimalnya adalah $1 (quantity 100).
– Rugi atau Untung itu mah hal biasa… FOREX IS HIGH RISK , TENTU SAJA HIGH RISK HIGH PROFIT. Atau bahasa kasarnya ya kalo mau SUKSES harus bisa menanggung RESIKO yang akan dihadapi… jadi Nyantai aja.
– Kalo ragu lebih baik menunggu daripada buka posisi.
– Jangan melihat keuntungan rupiahnya dulu sebelum saya bisa mengkonstankan profit pipsnya. Tetap ingat ‘MONEY MANAGEMENT FOREX.
– Ini sudah yang ketiga kalinya.. istilah sy mah Mista, Maja, Utama,.. masa sudah berbuat kesalahan 3 kali masih dilakukan lagi.
– Jangan terlalu banyak transaksi.
– Itu aja dulu…

Inilah hasil rangkuman trading sy per 5 November 2008, ga ada gambarnya ya… saya ga sempat… keburu stress 🙂

USD/JPY Profit 30 pips US$6.02066 hasil trading pagi hari 🙂
GBP/USD Profit 45 Pips US$9.00000 dan Loss -360 pips -US$54.90000 jadi Loss -315pips -US$45.90000 😦 trading siang dan sore.

TOTAL Profit MInus/Loss -285pips -US$39.87934 Luar Biasa khan. Lihat prosentasenya.

Loss:US39.87934/Saldo Awal US$60 * 100% = Rugi: 66,47 % Besar khan? 🙂

****

Iklan

Satu pemikiran pada “Jurnal Forex: 5 November 2008

  1. sama pak saya juga pernah rugi,
    modal awal sekitar $53, trus bertambah trus sampe $97 dalam waktu kurang dari 4 hari.. dari sini dah mulai sombong deh. hee.. lalu dikutuk dari $97 dolar jadi $14 .. 🙂 dalam waktu cuma semalam..
    sempat lumayan shok juga + stress…

    lalu dicoba lagi sampai sekarang, eh malah sekarang cuma tinggal $2..

    semua karena tamak deh. hee..
    maklum saya juga newbie..

    Thx.

    Setuju… karena bernafsu ingin mendapat profit yang lebih besar jadi faktor analisa dan fundamental sudah tidak diperhatikan lagi. Kayaknya sih kalau kita tetap tenang dalam memutuskan Buy atau Sell akan terjadi profit… kita lihat saja.

    Saat ini saya lagi belajar sifat dari ‘candlesticks’ terhadap pergerakan harga nanti untuk lebih meyakinkan keputusan Buy atau Sell bareng indikator stochastic + parabolic +MACD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s