Jurnal Forex: 03 November 2008


Mulailah dengan target dan disiplin…

Setelah pada trading tgl 31/10/2008 mengalami kerugian yang lumayan banyak (bg saya)… akhirnya pd tgl 1 & 2 sy gunakan untuk belajar lagi, selain belajar bagaimana membaca analisa dan indikator sy juga membaca tentang ‘money management’ dalam bisnis forex ini. Dan kesimpulannya seperti ini :

Mulai November 2008 ini di mulai dengan tanggal 3 November 2008 :

– Menentukan Target Profit 100 Pips/hari.

INGAT: TARGET 100 Pips BUKAN US$-nya. Target saya tentukan adalah Pips/poin-nya bukan hasil US$-nya, artinya mungkin saja dari 100 Pips saya dapat US$5 ato US$10 ato bahkan US$100, tergantung berapa quantity yang sy keluarkan u satu kali transaksi.

– Setelah target tercapai langsung Tutup.

– Maximal Trading 20% dari Saldo Awal Modal hari sebelumnya. Misal hari ini saldo US$60 berarti kalau 20%xUS$60= Maximal US$12 (quantity 1200). Kalau di marketiva di mungkinkan kalau di luar itu hitungannya lot (0.1lot, 1lot,2lot dll). Saya belum mencoba buka real-account di luar marketiva mungkin lain kali -baru buka demo account- saja untuk analisa teknikal.

– Apabila dalam setiap transaksi hanya US$10 artinya sy juga mendapatkan profit US$10 dalam 100Pips, dan artinya dalam 1 bulan ini saya harus profit 20 hari trading x US$10 = US$200.-

– Jam Kerja : 06 s/d 10 Pagi atau Jam 21 s/d 23 Malam. Apabila pagi hari target tak tercapai (100 Pips) trading lagi malam hari.

– Buat Jurnal untuk melihat perkembangan => kali aja jadi pakar 🙂

Nah… Jurnal di hasannuh.wordpress.com inilah untuk melihat perkembangan saya bermain forex… Apakah Sukses atau Lebih Sukses lagi.. 🙂

****

Inilah hasil trading 03 November 2008 , Pagi mulai jam 6 sudah online…

Persiapan sy buka Streamster dan MetaTrader4… terlihat sampai jam 7:00 masih ‘sideways’ atau lagi ‘flat’…
Membaca Indi Ichimoku dan Indi Kang Gun … terlihat trend akan naik jadi saya :

-Open BUY/LONG GBP/USD di 1.6112 Target 17 Pips dan Loss -30 Pips
kemudian harga turun sampe -20. Karena yakin akan naik saya
-Open BUY/LONG GBP/USD di 1.6103 Target 26 Pips dan Loss -20 Pips.

Saya tinggal keluar dan ketika balik lagi harga hampir saja menyentuh target… saya biarkan… eh harga malah turun…akhirnya saya putuskan untuk menutup transaksi dengan tergesa-gesa … Close di +6Pips dan +15Pips…

Apakah ini keputusan yang baik?

Pada saat memutuskan itu adalah keputusan yang baik menurut saya karena menghindari terjadinya Loss –kasarnya takut rugi alias ketakutan– :). Tetapi ternyata setelah melewati masa krisis harga kembali naik tajam melewati jauh diatas target profit yang saya tentukan tadi 😦 keputusan diatas ternyata kurang baik. Saya kurang sabar.

Karena sy lihat harga masih turun jadi saya masuk pada saat trend turun biar dapat profit karena biasanya di GBP/USD kalau harga mendekati indi Parabolic SAR akan berlanjut melewatinya… jadi saya :

-Open SELL/SHORT GBP/USD di 1.6116  Target 20 Pips dan Loss 20 Pips harga naik saya yakin turun saya tambah
-Open SELL/SHORT GBP/USD di 1.6122  Target 20 Pips dan Loss 20 Pips

Ternyata harga langsung berbalik arah (tren naik) satu persatu StopLOss saya terlampui. Loss Deh… -40 Pips = -US$4.0

Ada untungnya saya pasang CutLOss cuma -20 Pips jadi 1 transaksi rugi cuma -US$2. Ini bagusnya…

Istirahat sebentar…

Analisa lagi… analisa membingungkan di TF 1H lagi trend naik, di TF 5M lagi turun. Saya perkirakan harga akan turun dulu sekitar 30-50 Pips baru akan naik lagi. Jadi Bingung… akhirnya saya pasang dua arah:

-Open BUY/LONG GBP/USD di 1.6224 Target 30 Pips dan Loss 20 Pips ==> Ternyata CutLoss -20 Pips mestinya CutLoss -40 Pips karena harga balik lagi setelah -30 Pips. Ini ga bagusnya pasang cutloss cuma -20 pips.

Cuma mengapa sy pasang Loss -20 Pips pertimbangannya biar kalo emang turun ga rugi banyak paling banyak US$2 …:( Dan benar saja saya rugi hanya US$2. Setelah open BUY saya langsung saja;

-Open SELL/SHORT GBP/USD di 1.6218 Target 20 Pips dan Loss 20 Pips ==> hasilnya harga memang turun dulu dan melewati target Profit ini. ALhamdulillah Profit US$2,2 🙂 saya rasa harga masih turun jadi ;

–Open SELL/SHORT GBP/USD di 1.6192 Target 20 Pips dan Loss 20 Pips ==> ternyata harga trend naik jadi sy cutloss di -12poin. Ternyata di 1.6206 kembali harga turun sy pasang SELL dan dapat juga -20 Pips.

Saya tinggal keluar dulu…

Kembali ke komputer setelah harga turun menyentuh target Profit langsung berbalik arah lagi, tren naik tajam sepertiyang sudah saya perkirakan sebelumnya sayangnya Posisi BUY/LONG sudah di ‘Closed Otomatis’ (melewati CutLoss-20Pips) jadi terlewat deh puluhan pips.

Dan analisa saya trend naik akan tetap di teruskan jadi saya :

-Open BUY/LONG GBP/USD di 1.6210 Target 1.6290 dan Loss 1.6190

Harga sempat turun sebentar jadi saya tunggu sampai harga mau naik lagi dan saya kembali:

-Open BUY/LONG GBP/USD di 1.6243 Target 1.6290 dan Loss 1.6203

Hasilnya hehe saya boleh terseyum lega… Alhamdulillah dapat PROFIT +89 Pips dan +56 Pips alias PROFIT US$14,5. Artinya target hari ini sudah tercapai, tinggal buat jurnal… Sampai jumpa besok.

Jadi Total PROFIT hari ini US$13,6.

****

2 pemikiran pada “Jurnal Forex: 03 November 2008

Tinggalkan Balasan

